Pengertian Copywriting = Jualan dalam bentuk tulisan.

Apa yang terpenting dalam copywriting?

Awal:

Bagian awal paling atas biasanya adalah yang paling dibaca orang.

Maka fokusnya adalah dapat atensi. Seperti headline "16 Juta dalam 1 Jam Menggunakan Copywriting" diatas. Itu tujuannya jelas untuk memancing Anda yang sebagai marketer, agar terus membaca artikel ini.

Kalau Anda bukan marketer, pasti Anda tidak akan lanjut baca.

Tapi karena target saya adalah yang marketer, makanya saya tentu harus membuat sesuatu yang menarik bagi marketer. Salah satunya adalah tentang Copywriting ini :)

Tengah:

Bagian tengah adalah bagian yang menjelaskan apa yang ditawarkan dan jualan apa?

Maka fokusnya :Menjelaskan dengan bahasa yang dimengerti orang. Jauhkan istilah istilah tingkat tinggi yang hanya membuat calon pembeli gak ngerti yang dijual.

Jualan barang, tapi bikin orang gak ngerti itu apaan yang lagi dijual, bikin orang gak mau beli.

Apalagi kalo harganya mahal. Udah bikin puyeng. Mahal pula!

Dibaca saja juga sudah syukur. Normalnya mah, udah di-exit saja website Anda! :D

Penutup:

Penutup biasanya bagian bawah. Dalam penawaran sebaiknya dikasih tau apa yang seharusnya dilakukan pembaca. Atau istilahnya call to action. Hubungi kemana. Pesan kemana.

Sewaktu menjelaskan Penawaran, tapi lupa dikasih tau cara PEMESANAN & cara BELInya bagaimana, itu namanya pengumuman!

Bukan jualan!

Jadi jangan lupa jelasin gimana call to actionnya ya.

Call to action antara lain:

  • Prosedur belinya gimana.
  • Bayarnya kemana.
  • Habis bayar, konfirmasinya gimana.
  • Kalo mau telfon, telfonnya harus ke nomor mana.
  • Cara download atau dapetin produknya gimana? Dianter make JNE kah? (Atau ekspedisi yang lain).

Catatan Akhir: 

Ada the law of three.

Maksudnya: Kita hanya punya waktu 3 detik dapat atensi. Kalau orang mau, maka dia mengijinkan 3 menit dari hidupnya untuk lanjut baca penawaran.

Maka di bagian penawaran kalau belum abis dibaca 3 menit biasanya diabaikan. Alias Exit dari website kita.

Pokoknya kalau jualan dimanapun sih asal orang baca dan tertarik. Lah postingan di FB dengan memakai prinsip ini aja bisa jadi sales kok.

Oh iya, barangkali Anda sekarang lagi nanya gini: "Terus 16 Juta dalam 1 Jamnya Maneee?!!!".

Okeh okeh...... hanya dengan menerapkan formula 3 bagian simple diatas, saya beneran dapet 16 Juta dalam 1 Jam. Untuk bukti rekening banknya, saya tidak bisa berikan, karena itu sudah lama berlalu.

Yang pasti, hasil tersebut saya dapat saat Broadcast ke List BBM Mantan Pacar saya yang berjualan Bra.

Untuk kalimatnya (sebagai pengganti bukti dari rekening 16 juta dalam 1 Jamnya), saya berikan kepada Anda.

Ini kalimatnya:

Terhitung 1 Jam setelah Nge-Broadcast kalimat copywriting diatas, kami (saya dan mantan pacar saya), mendapatkan 16 Juta dalam 1 Jam. Laku 400 Pcs.

Sip.

Selamat praktik.

Jangan lupa traktir saya.

Teman Saya yang bernama "Empu Semprul" merampungkan pembelajaran Copyriting Simple dalam bentuk Ebook yang hanya 10 Halaman! (Karena isinya To The Point). Judul ebooknya adalah: "Copywriting Mastery".

Ebook "Copywriting Mastery" merupakan versi lengkapnya dari pembahasan 3 Point diatas.

Dalam Ebook "Copywrting Mastery", Anda akan belajar antara lain:

  • 2 Tipe Headline yang bisa Anda pilih sesuka hati Anda. Yang nyamannya Anda. Headline itu yang berfungsi sebagai Penarik Atensi, seperti yang sudah dibahas diatas. Ketahui 2 Tipe Headline ini, Maka Hampir PASTI Anda bisa menarik perhatian calon buyer Anda entah itu lewat website, BBM, SMS, Poster, Bannner Offline, atau Email :)
  • 4 Contoh Headline dari 2 Tipe Headline yang sudah dijelaskan diatas.
  • 3 Hal yang harus Ada dalam Headline Anda! Hanya mengetahui 2 Tipe Headline saja, Hanya Membuat Anda MENARIK PERHATIAN Calon Buyer Anda, tapi belum tentu bisa membuatnya tertarik membaca. Kuasai 3 Hal yang harus ada di dalam Headline Anda, maka calon buyer Anda akan meneruskan membaca penawaran yang Anda buat! :)
  • 2 Hal yang HARUS Jadi FOKUS Anda saat Membuat Penawaran! Saat membuat penawaran, Anda bisa terdengar seperti pembual. Bisa juga terasa seperti pahlawan yang datang memberikan solusi bagi mereka yang membutuhkannya. Apa yang menjadi perbedaan di keduanya? Tentu jawabannya adalah: Hal yang Anda sampaikan saat Anda melakukan penawaran kepada calon buyer Anda. Kuasai 2 Hal ini, maka Calon Buyer Anda akan merasa, Andalah pahlawan bagi mereka.
  • Logika atau Emosi? Beberapa pembelajaran copywriting mengajarkan tentang bujuklah calon buyer Anda dengan menggunakan logikanya. Sebagian mengatakan bujuklah menggunakan emosi mereka. Yang mana yang benar? Akan dibahas disini :)
  • 3 Hal Jurus Pamungkas untuk Meyakinkan Calon Buyer yang masih ragu membeli! Pembeli bisa saja sudah tertarik. Sudah pula membaca penawaran Anda. Namun mungkin masih ragu untuk membeli. Pakai 3 Jurus ini! Maka Pembeli akan TIBA-TIBA Merasa Yakim untuk membeli produk Anda!

Buat yang sudah gabung ke Group “Stret Marketing Cafe”, silahkan langsung Download Ebook "Copywriting Mstery" yang merupakan Materi 16 ini, dengan mengklik Button “Click here” dibawah:

  • Materi diatas adalah salah satu materi didalam Group FB “Stret Marketing Cafe“.
  • Group FB “Street Marketing Cafe” bersifat “SECRET“, alias tidak untuk umum.
  • Untuk bisa mengakses materi diatas dan juga AKSES GRATIS materi-materi INTI study case bisnis lainnya yang ada di Group “Street Marketing Cafe”, Anda harus terinvite ke dalam Group FB tersebut.
  • Cara agar Anda bisa diinvite ke Group FB tersebut adalah dengan MEMBAYAR SEJUMLAH UANG TERTENTU. Anggap saja Tiket Masuk.
  • Berapa Harga Tiket masuknya? Kemana Membayarnya? Apa yang harus dilakukan setelah melakukan pembayaran? Itu semua akan terkirim ke email Anda, setelah Anda melakukan Registrasi dengan mengklik Button “Join Now” dibawah ini.
  • Lakukan saja Pengisian Form Registrasinya. Sehingga Anda tahu harga dan detail pembayarannya bagaimana. Tidak jadi membayarpun tidak apa-apa kok :)
  • Bagi yang sudah melakukan registrasi, maka saat kami punya tips bisnis gratis, akan kami kirimkan ke email Anda juga. Meskipun Anda belum memutuskan untuk membeli.
  • Jadi silahkan Klik “Join Now” dan lakukan Registrasi sekarang juga. InShaa Allah, tidak akan menyesal
Social Media
dibuat denganberdu