F.A.Q #11 - 2 Cara Bisa Mengatur Keuangan ala Agan Khalid

F.A.Q #11 - 2 Cara Bisa Mengatur Keuangan ala Agan Khalid
Saya pernah mendapat nasihat:

Lid, kata Robert Kiyosaki, ada 3 Hal Lid SKILL INTI & WAJIB DIKUASAI:

  1. Skill Datengin duit
  2. Skill Manage duit
  3. Skill …… *saat mengetik ini saya lupa.
...
Nah rata – rata IM pada jago nih di skill nomor satu. Tahunan mati mati an melajarin yg nomor satu. Tapi gak peduli sama skill nmr 2 nya. Yaitu skill memanage uang.

Sering denger kan orang yg duitnya pas – pas an tapi tau tau bisa pergi haji atau beli rumah? KOK bisa?

Tapi sering denger juga kan orang banyak duitnya, tapi kok abis abis mulu duitnya (itungannya berkah ya. Kalo rejeki gak berkah mah gak usah ngomong. Pasti abis mulu ujung ujungnya). KOK bisa abis sih?!!!

Yaitu dia penyebabnya. Gak menguasai skill memanage uang.

Makanya saya pribadi mulai awal tahun ini, mulai MENCATAT pengeluaran saya dan keluarga saya. Biar tau, “hidup dengan kegayaan kayak sekarang ini tuh sebenernya ngabisinnya tuh berapa duit sih Lid!”

Oke, mencatat adalah salah satu kegiatan tekhnis dalam hal memantapkan skill memanage uang.

Yang NON tekhnisnya ada apa enggak? ADA!

...
MENURUT SAYA……., salah satu hal non tekhnis dalam hal memanage uang adalah:

  • JANGAN Kelaguan.
  • JANGAN kebanyakan gak enakan.
Saya belajarnya dari Ummi saya. Begini contohnya:

Saat Bapak saya meninggal, Ummi saya gak mengadakan yasinan yg biasanya mah secara jelas ala ala ibu komplek saya mah pasti ngadain.

Tapi ummi saya enggak.

Pas saya tanya: “Mi kenapa gak yasinan kayak orang – orang?”

Jawabannya adalah:

Ummi musti gedein 4 anak ummi. Butuh banyak biaya. Yasinan selain emang butuh banyak biaya, juga menguras waktu, padahal masih banyak yg bisa Ummi kerjakan untuk mencari nafkah. Toh gak wajib. Jadi Ummi rasa gak papa lah gak Ummi lakuin juga khol…,

Ummi gak cari nafkah, itu baru Ummi meninggalkan kewajiban Ummi saat ini.

Saya pun bertanya kembali:

Kalo ditanya orang mi?

Atau kalau misalkan aku ditanyain Bu Malik “kok Ummi gak gak yasinan lid?”, itu aku jawabnya gimana mi?

Ummi menjawab:

NYENGIR aja khol. Gak setiap orang nanya karena emang nanya. Ada basa basi. Nah basa basi bisa jadi panjang kalau jawabannya malah kita jawab serius. Jadi NYENGIR aja khol

Oke Fix.

Nyengir.

So, pertanyaan diatas, ditanyakan ke saya, maka jawaban saya adalah:

Syukuran, selametan, adalah hal baik. Ngasih makan orang banyak. Minta didoain, itu BAIK.

TAPI….., kalaupun sekiranya dana jadi agak agak tiris, ya gak usah dipaksakan. Apalagi karena gak enakkan atau karena tradisi.

Berlaku juga untuk setiap pengeluaran uang untuk kelaguan & kegayaan memenuhi pencitraan demi BIAR KELIATAN IYUH di mata orang.

Langkah terakhir kalau keadaan kayak pengennya gak belagu, tapi pengen juga, terus taunya ditanyain orang adalah: NYENGIR 😀

NOTE:

Bu Malik adalah tetangga saya yang rumahnya paling pojok yang kalau hujan lebat, dia pasti kebanjiran.

  • Masih ingin bertanya terkait pertanyaan diatas? Silahkan comment dibagian FB Comment Box dibawah.
Ingin mengajukan pertanyaan juga?

  1. Pastikan Anda mempunya Applikasi FB Messenger (kalau saat ini sedang di HP). Kalau lagi di depan laptop, langsung ke langkah 2.
  2. Silahkan KLIK Foto dibawah ini, dan ikuti saja arah yang disuruh.

JANGAN Exit dari Blog Ini, Sebelum Baca 4 Artikel "High Quality" Dibawah Ini! 😡

Kalau Ternyata Tulisan Saya MUDAH Dimengerti, Jangan Sungkan - Sungkan Tengok Sedikiiiiit 6 Artikel Terbaru Blog Ini 😎

Social Media
dibuat denganberdu