Kalau di tahap measure sudah yakin, lalu ditahap develop sudah menjawab kebutuhan dasar dari CORE IDE di tahap 1, yasudah launching saja dulu!

Beneran saya! Launch saja dulu!

Disini akan ada tuh rasa ingin sempurna lagi. Entah pengen websitenya keren. Grafiknya mantep.

Lah saya pas awal mula jualan SaTim FP, itu gambar box toolnya saja belom ada! hahaha. Malahan saya malah bagi-bagi license berbayar untuk tool SaTim FP tersebut! Wkwkkw. yang penting mah jalan ajaaa dulu.

  • Kalo laku, ya tinggal menuju ke proses selanjutnya.
  • Kalau gak laku, yaudah gak usah digarap lagi toolnya

Simpel kan??

  • Kalau lakunya dikit???

Nah disini attittude kita bermain.

Kalau misalkan cost untuk tetep build tool itu mahal tapi pemasukan tidak seimbang, ya Anda tinggal hubungi satu-satu pembeli Anda, dan Anda balikkan uangnya. Selesai. Dan akui saja, kalau ternyata cost yang keluar kegedean. Dan pembelian gak laku. Selesai. Tidak perlu gengsi. Dan tidak perlu malu. Biasa aja. Namanya juga bisnis.

Kalo saya gini nih perinsipnya:

Uang yang masuk ke saya, akan saya jaga kepercayaannya dengan sebaik mungkin!

Saya awal-awal masuk IM pernah beli tool Im di WarriorForum.Com seharga $40-an. Tool ttg twitter. Dan sehabis coba 2 hari, toolnya rusak dan support tidak ada! Kan bangke banget kayak gitu!

Nah kita jangan banget deh kayak gitu pokoknya!

Bisnis bukan soal uang doank bro. Bisnis tentang wujud kita ibadah ke Allah. Masa mau nipu dan gak bertanggung jawab??

Gitu intinya.

Jadi di tahap launching ini kalau saya persiapkan 4 hal ini:

  • Janji ke diri sendiri akan melayani cutomer sebaik mungkin. Saya tidak ramah saat melayani chatting. Tapi saya sangat bertanggung jawab akan kualitas produk saya. Sesuai dengan uang yang mereka telah keluarkan. Kalau itu perinsip saya. nah sebaiknya Anda pegang itu pertama kali saat di tahap launch ini. Jadi apapun yg terjadi, Anda orang yang punya harga diri. Kalau untung ya syukur. Kalau enggak, yaudah jadi pelajaran. Simple.
  • Siapkan Deksripsi produk yang sedang Anda launch. Ala kadarnya saja cukup kok. Tidak perlu ribet salesletter yang sangat canggih atau menghipnotis orang untuk jadi pasti beli.
  • Sediakan cara pembayaran bagi orang yang ingin membeli produk Anda tsb.
  • Sediakan tempat pembeli itu bisa mengakses produknya setelah mereka membayar
  • Siapkan support

Sudah itu saja.

Grafik website? kodingan super canggih? sistem afiliasi yang menggiurkan? Entaaaaaaaaaaaaaaaaar aja brooo. Entar! Slow! Yang penting jalan saja dulu. Dan inget... jadilah orang yang punya harga diri dan bertanggung jawab.

Soal komplain? Yaaa namanya juga awal-awak, mungkin bakalan ada 1-5 komplain. Yang penting diladenin. Jangan kabur. Gitu aja kok intinya kalau mau buka bisnis atau jualan sesuatu mah.

Oia, karena Anda baru launch. jangan terlalu nafsu sama profit. Sudah ada yang beli saja sudah harus bersyukur Anda. Dan untuk harga awal-awal, harganya murahkan saja dulu. Inget... launch dan bertanggun jawab.

Profit dan pengembangan semuanya menjadi perfect, Entarrrrrrrrrrrr saja!

Yang pasti di diri Anda sendiri berjanji kalau Anda memang akan terus memperbaiki produk yang Anda jual tersebut dari waktu ke waktu. That's the most important for customer dud!

Social Media
dibuat denganberdu