Measure.

Arti asli dari measure adalah mengukur. Tapi saya lebih seneng dengan "memastikan".

Disini tahap memastikan. memastikan apa? Memastikan kalau saya jual itu tool, ada pembelinya. Dan cost saya kerja bareng developer saya, ada hasilnya.

Nah dimulailah:

  • Saya pasang status tanya-tanya ke temen-temen FB.
  • Kirim ke email ke list saya.
  • Ajak diskusi beberapa master di FaceBook.
  • Ajak diskusi di Group FB.

Intinya saya memastikan, bahwa ada peminatnya!

Nah disini tahap yang biasanya orang lupain: Measure!

Orang sibukkkkkk terus bikin produknya supaya perfect! Lah kalau sudah habis setahun gitu untuk bikin produk ternyata gak ada yang beli? Gigit jari Anda bisa-bisa!

Orang sibuuuuuuuuuuuuk design theme blognya sedemikian cantiknya.... lupa bahwa blog biar banyak pengunjung atau terkenal itu karena kontennya.

Orang sibuuuuuuuuuuuuuuuuuk mikirin tata letak, script, dsb, tapi lupa ngeriset topik blog itu banyak yang minat atau tidak. Banyak pencariannya atau tidak. Lupa akan hal yang disebut dengan M.E.A.S.U.R.E!

Kalau balik lagi ke study case tentang develop Facebook Tool, Lihat deh.., saya belom diskusi apapun ke developer saya. Dan developer juga belom melakukan proses kodingan sama sekali! Hanya bermodalkan IDE diatas dan melakukan Measure.

Kalau ibaratnya kue lebaran mah.... bikin sample, dan dibagi-bagiin ke tetangga.

Kalau ibaratnya minyak wangi mah.... itu tuh SPG-SPG yang di mall mall.. yang bagi bagiin wangi parfumnya melalui kayak kertas kecil yang bisa kita tempel di hidung untuk mencium aromanya.

Buat apa coba? Ya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk Measure! Titik.

Kalau sudah pasti ada marketnya, ya saya garap.

Kalau tidak, ya saya tidak jadi garap.

Sebagai contoh.... ini contoh saja yaaa (ntar kalo gak ada casenya dibilang cuman teori belaka :D

Coba dibuka deh postingan ini (Open a New Tab).

Disitu ada 72 comment yang minat beli tool saya yang bernama "FP Galer Blog" kalo misalkan memang jadi launching.

Nah anggaplah.....hanya setengahnya saja yang ujung-ujungnya jadi beli. Berarti yang beli ada sekitar 35-an.

Nah kalo saya jual toolnya seharga$20. Berarti target sya dpet $700-an.

Nah itu gambarannyaaa. Nah tinggal kediri saya sendiri... mau gak dapet segitu??

Kalo kira-kira kurang, punya strategi lain apa tidak?

Seperti itulah kira-kira..... MEASURE.

Measure memastikan kita untuk tidak buang buang waktu terhadap sesuatu yang tidak menghasilkan. Hemat waktu, daya, dan tenaga.

Ini Quote yang pernh saya baca & saya INGAAAAAAAAAAAAAAAAAAT sampai sekarang dalam melakukan sesuatu, kalo berhubungan dengan bisnis.

“Life's Too SHORT to build something NOBODY Wants.”

Tentu kalau mau tahap advance dalam melakukan measure memang ada tekhnik & step-step lebih detailnya untuk setiap orang. Kalo saya sendiri, kalau memang lagi tidak mau berat-berat banget. Ya saya biasa melakukan hal yang sudah saya jelaskan tadi.

So, sampai disini, pastikan Anda benar-benar mengeluarkan waktu, uang, & pemikiran Anda untuk produk yang benar-benar memang diinginkan atau dibutuhkan oleh orang! Oleh orang!

Bukan diinginkan oleh PENDAPAT PRIBADI ANDA! (Kecuali sudah yakin bgt).

Social Media
dibuat denganberdu